Cabang-cabang Ilmu Geografi

Geografi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang lokasi, persamaan dan perbedaan keruangan pada fenomena fisik dan manusia di atas permukaan bumi. Kata geografi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Geo” yang berarti bumi dan “Graphein” yang berarti menjelaskan. Geografi tidak hanya menjawab apa dan bagaimana fenomena fisik di muka bumi akan tetapi juga menjelaskan mengapa ada di tempat itu dan tidak di tempat lain. Cakupan geografi tidak hanya hal-hal yang diakibatkan oleh kejadian alam saja akan tetapi juga kejadian yang diakibatkan oleh manusia.

Cabang-cabang ilmu geografi :

Geografi fisik

Geografi fisik membahas tentang geografi sebagai ilmu bumi. Dalam geografi fisik juga dipelajari tentang bi0logi untuk memahami flora dan fauna secara global, fisika dan matematika untuk memahami pergerakan bumi serta hubungannya dengan anggota tata surya lainnya. Topik-topik yang tercakup dalam geografi fisik antara lain kepulauan, atmosfer, gurun, benua, pulau, samudera, laut, sungai, danau, bentuk muka bumi, ekologi, iklim, tanah, bigeografi, geomorfologi, paleontologi, paleogeografi, hidrologi dan garis waktu geografi. Geografi juga mempelajari penyebab polusi udara.

Geografi manusia

Geografi manusia merupakan cabang geografi non fisik yang disebut juga dengan antropogeografi. Geografi manusia fokus pada ilmu sosial maupun aspek non fisik lainnya yang menyebabkan fenomena di dunia. Geografi manusia juga mempelajari tentang bagaimana manusia beradaptasi dengan wilayah dan manusia lain di sekitarnya. Cakupan geografi manusia antara lain adalah geografi ekonomi, geografi politik, geografi sosial, geografi feminisme dan geografi militer tips menghindari stress.

Geografi manusia-lingkungan

Dalam geografi manusia-lingkungan, terdapat dua bidang bahasan yaitu ekologi budaya dan politik serta penelitian resiko bencana. Dalam geografi manusia-lingkungan dipelajari tentang bagaimana manusia berperan sebagai penjaga dan pelestari lingkungan agar potensi timbulnya bencana akibat manusia dapat dikurangi.

Perencanaan dan Pengembangan Wilayah

Cabang geografi ini masih terbilang baru karena baru dikembangkan sekitar tahun 1980-an oleh para ahli geografi dari Eropa terutama Netherland. Dalam cabang ilmu ini dipelajari tentang bagaimana perencanaan dan pengembangan wilayah memiliki kaitan dengan ilmu-ilmu sosial lainnya, terutama terkait dengan fenomena sosial yang ada di masyarakat.

Cabang-cabang Ilmu Geografi, 10.0 out of 10 based on 1 rating

Comments

  1. riman lambase says

    makasih ya !
    buat aku tau cabang-cabang ilmu

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. yogi says

    thank yaa buat ilmunya…………….:) l like…………

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>