Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan

Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor memiliki kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor setiap tahun dan memperbarui Surat Tanda Naik Kendaraan (STNK) Anda setiap lima tahun sekali. Pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan dilakukan di kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT). Perlu Anda ketahui bahwa di kantor SAMSAT terdapat tiga komponen, yaitu Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) dan Jasa Raharja.

Pajak tahunan sengaja disatukan dengan proses pengesahan STNK tahunan dengan tujuan agar masyarakat membayar pajak. Kendaraan bermotor yang tidak memiliki tanda pengesahan tahunan berupa cap akan ditilang bila ada di jalan raya sedangkan kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak tidak boleh ditilang. Jadi Anda harus memahami bahwa ada dua hal yang berbeda dalam proses pengesahan dan pembayaran pajak yang biasa dilakukan di kantor SAMSAT, yaitu pajak adalah kewenangan Dispenda, pengesahan STNK kewenangan Polri. Anda akan mendapatkan tanda pengesahan STNK tahunan setelah Anda melunasi pajak kendaraan bermotor yang Anda miliki.

Anda sebaiknya menyiapkan berkas-berkas yang menjadi syarat pengesahan dan pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan. Berkas-berkas yang dimaksud adalah :

-          BPKB asli dan fotokopi

-          STNK asli dan fotokopi

-          KTP asli dan fotokopi

-          Uang sejumlah yang tertera di lembar bukti pembayaran pajak tahun sebelumnya ditambah Rp 5.000

Masukkan berkas-berkas tadi ke dalam sebuah map yang dapat Anda beli di kantor SAMSAT. Datanglah ke kantor SAMSAT sepagi mungkin agar Anda terhindar dari antrian panjang. Bawa juga minuman, makanan ringan, koran/majalah dan lain-lain sebagai penghilang kejenuhan saat Anda mengantri.

Setela tiba di kantor SAMSAT, ambil formulir pembayaran pajak. Satu hal yang perlu Anda ingat bahwa pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan tidak memerlukan cek fisik. Isi formulir sesuai dengan data Anda. Setelah selesai, ambil nomor antrian dan tunggu sampai petugas memanggil Anda. Datangi loket yang sesuai dengan panggilan dan jangan pula siapkan berkas-berkas asli dan uang pembayaran untuk diberikan kepada petugas lalu Anda mendapatkan bukti pembayaran pajak.

Setelah pembayaran pajak selesai, Anda akan diminta untuk menunggu proses pengesahan tahunan STNK kendaraan bermotor Anda.  Penting untuk Anda ketahui bahwa Anda harus memastikan petugas Polri memberi stempel pengesahan tahunan pada STNK Anda. Pastikan apakah stempel pengesahan sudah dibubuhkan pada salah satu kotak pada empat kotak yang tertera di STNK Anda.

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan, 10.0 out of 10 based on 1 rating

Comments

  1. says

    itu BPKP bapak kamu yah do ?

    keywordnya jadi inspirasi blog ane :p

    [Reply]

    Geraeldo Reply:

    dapat dari Google -____-
    Royalti!!!

    [Reply]

    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VN:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. says

    kalau saya pakai biro jasa saja, mudah, cepat & praktis…

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. says

    Sepengetahuan saya STNK kepanjangannya Surat Tanda Nomor Kendaraan, bukan “Naik”, dan kepanjangan SAMSAT adalah Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap, buka “sistem”.

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>