Cara Mudah Untuk Belajar

Belajar adalah kegiatan yang paling dihindari meskipun banyak juga yang menyukai kegiatan belajar. Tiada hari tanpa belajar memang paling tepat diungkapkan untuk makhluk hidup, terutama manusia, karena selalu ada hal baru setiap hari. Hanya saja, terkadang kita tidak menyadari bahwa sesungguhnya setiap hari kita melakukan kegiatan yang bernama “belajar”.

cara mudah untuk belajarBelajar adalah sesuatu yang membosankan. Bisa jadi itu benar dan yang paling sering merasakannya adalah para murid, baik itu di sekolah maupun perguruan tinggi. Mengapa jadi membosankan ? Karena orang yang melakukannya tidak menjiwai secara penuh kegiatan belajarnya. Sebagian besar belajar karena akan menghadapi ujian. Oleh karena tidak ingin mendapatkan nilai buruk pada hasil ujiannya, setiap orang jadi “terpaksa” belajar dan pada akhirnya kegiatan belajar itu menjadi ritual yang membosankan dan penuh beban.

Lalu bagaimana caranya agar kegiatan belajar kita bisa optimal ? Simak beberapa trik berikut ini.

Mencari Tempat yang Sesuai untuk Belajar

Agar kegiatan belajar kita memberikan hasil maka kita sebaiknya memilih tempat yang mendukungnya. Tempat mempengaruhi seberapa banyak yang diserap oleh otak kita. Kebanyakan orang memilih tempat yang sepi untuk belajar. Di tempat yang sunyi, kita bisa lebih berkonsentrasi pada apa yang kita pelajari. Sebaiknya hindari hal-hal yang dapat mengacaukan konsentrasi saat belajar, misalnya HP dan radio. Bila perlu, matikan HP untuk sementara pada saat kita sedang belajar agar konsentrasi belajar kita tidak terganggu.

Membersihkan Otak

Yang harus anda ketahui adalah bahwa otak memiliki kemampuan menangkap informasi dengan sangat cepat dan baik. Sehingga tanpa kita sadari, kita mengetahui sesuatu padahal kita tidak pernah mempelajarinya secara sengaja. Terutama jika informasi itu dalam bentuk audio atau suara. Otak lebih mudah menangkap informasi yang berbentuk suara. Maka tak heran jika kita sering merasa telah mengetahui sesuatu padahal kita merasa tidak pernah sengaja mempelajarinya.

Karena banyaknya informasi yang ada di otak itulah yang mempengaruhi kinerja otak dalam menyerap informasi hasil kegiatan belajar kita. Maka sebaiknya bersihkan otak dari informasi yang bersifat sampah agar otak kita mampu menyerap apa yang kita pelajari secara optimal. Lalu bagaimana cara membersihkan otak ? Caranya adalah dengan menghindari pikiran negatif, hindari perilaku negatif misalnya bergosip, menonton film porno, dan lain-lain.

Berhenti Saat  Merasa Jenuh

Berhentilah belajar bila sudah merasa jenuh atau pusing. Jenuh atau pusing menandakan otak sudah lelah. Dalam kondisi otak lelah maka otak tidak dapat menyerap informasi dari apa yang kita pelajari. Segarkan otak dengan teknik relaksasi sederhana yang dapat kita lakukan kapan saja. Caranya adalah duduk dengan posisi tubuh santai. Bernafaslah dengan teratur sambil memejamkan mata. Oksigen yang kita hirup akan menyegarkan otak kita kembali. Lakukan relaksasi selama 15 menit setiap hari atau bila diperlukan.

Comments

  1. bobz says

    belajar apa aja bisa

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  2. asep says

    emang belajar itu bisa dimana aja bukan hanya disekolahan aja karena sekolahan terbesar itu adanya dialam dan perpustakaan terbesar pun cuma ada dialam maka belajarlah dari alam

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. salma says

    thanks artikelnya ..bagus…tapi ada juga orang yang bisa belajar kalau ndengerin musik..itu gak ganggu kan?

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: +1 (from 1 vote)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>