Penyebab Gempa Bumi

Gempa bumi adalah getaran yang terjadi di permukaan bumi yang diakibatkan oleh pelepasan energi secara tiba-tiba hingga menimbulkan gelombang. Biasanya penyebab gempa bumi adalah karena adanya pergerakan kerak atau lempeng di dasar dunia. Semakin lama tekanan yang dialami oleh lempengan di dasar itu akan semakin besar. Pada saat pinggiran lempeng tidak dapat menahan tekanan tersebut, terjadilah gempa bumi.

Alat pengukur kekuatan gempa bumi disebut seismograf. Cara kerjanya adalah pada saat terjadi gempa bumi dimana terjadi pelepasan energi dari lempeng bumi yang diam, maka energi tersebut akan menyebar ke berbagai arah sehingga membentuk gelombang seismik. Saat bumi bergetar, bagian bawah seismograf juga ikut bergetar namun bagian pemberatnya tidak ikut bergetar. Perbedaan antara bagian yang bergetar dan bagian pemberat inilah yang akan terrekam dan dibaca sebagai kekuatan gempa bumi.

gempa bumi

Beberapa peristiwa gempa bumi disebabkan oleh pergerakan magma yang ada di perut gunung. Gempa bumi seperti ini dapat menjadi tanda akan terjadinya letusan gunung berapi. Ada juga gempa bumi yang disebabkan oleh menumpuknya massa air yang sangat besar di balik dam. Meski sangat jarang terjadi namun peristiwa ini pernah ada di Dam Karibia di Zambia, Benua Afrika. Ledakan yang kuat juga dapat menyebabkan gempa bumi. Gempa bumi bisa juga diakibatkan oleh adanya akstraksi cairan ke dalam perut bumi seperti yang terjadi di pembangkit listrik tenaga panas bumi di Rocky Mountain Arsenal.

Lebih lanjutnya, gempa bumi terbagi menjadi beberapa macam berdasarkan penyebabnya.

Gempa bumi tektonik. Gempa jenis ini terjadi bila ada pergeseran lempeng tektonik di dasar bumi secara tiba-tiba yang menimbulkan energi dalam berbagai kekuatan mulai dari yang kecil sampai besar.  Area gempa bisa sempit dan luas hingga merusak beberapa negara.

Gempa bumi vulkanik. Gempa ini terjadi karena aktivitas magma di perut bumi yang biasa terjadi sebelum adanya letusan gunung berapi. Gempa bumi vulkanik biasanya dirasakan di sekitar lokasi adanya gunung berapi yang sedang aktif dan akan meletus.

Gempa bumi runtuhan. Gempa bumi seperti ini biasanya terjadi di daerah yang memiliki pegunungan kapur atau daerah pertambangan. Gempa bumi runtuhan bersifat lokal.

penyebab gempa bumi

Gempa bumi tumbukan. Gempa ini disebabkan oleh adanya tumbukan meteor atau asteroid dengan bumi.

Gempa bumi buatan. Gempa ini terjadi karena disengaja, misalnya peledakan nuklir, dinamit dan sebagainya.

Comments

  1. says

    Katanya kalau ada gempa berlindung di bawah meja ? benar ya ?

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>