Penyebab Polusi Udara

Polusi suara adalah gangguan lingkungan yang disebabkan oleh suara-suara yang bervolume tinggi hingga menimbulkan kebisingan dan mengganggu lingkungan sekitarnya. Kebisingan yang terjadi terus menerus dengan tingkat yang relatif tinggi berakibat pada gangguan kesehatan manusia baik secara fisik maupun psikologis. Gangguan fisik misalnya berkurangnya kemampuan mendengar bahkan kehilangan pendengaran, rasa tidak nyaman, tekanan darah meningkat, sakit kepala, gangguan fungsi jantung, kontraksi perut. Ganggunan psikologis diantaranya gangguan emosional yang ditandai dengan perasaan jengkel dan bingung, gangguan gaya hidup yang ditandai dengan gangguan tidur, kehilangan konsentrasi, dan gangguan pendengaran yang menghalangi kemampuan untuk mendengarkan percakapan, menelepon dan sebagainya.

Zat atau bahan yang dapat menyebabkan polusi suara disebut polutan suara. Polutan suara memiliki sifat sebagai berikut :

  1. Merusak untuk sementara, tetapi bila telah bereaksi dengan zat lingkungan tidak merusak lagi.
  2. Merusak dalam jangka waktu lama.

Menurut World Health Organization (WHO), tingkat polusi didasarkan pada kadar polutan dan waktu kontak dengan polutan. WHO membagi tingkat polutan menjadi 3, yaitu :
1.   Polusi yang mengakibatkan iritasi ringan pada panca indra dan kerusakan ekosistem lain.
2.   Polusi yang mengakibatkan reaksi pada organ tubuh dan menyebabkan penyakit kronis.
3.   Polusi yang memiliki polutan yang kadarnya sangat besar hingga dapat menimbulkan kematian.

Kebisingan yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari adalah polutan suara yang seringnya tidak kita sadari. Di zaman modern seperti sekarang ini banyak peralatan yang mengeluarkan suara yang intensif bahkan beberapa diantaranya menimbulkan kebisingan yang mengganggu. Peralatan rumah tangga banyak yang menimbulkan polusi suara misalnya mesin cuci, mesin pendingin ruangan, mesin penyedot debu, televisi, radio, dan lain-lain. Di proyek pembangunan gedung juga banyak alat-alat yang menimbulkan kebisingan misalnya penggiling semen maupun alat-alat berat lainnya. Baca juga perang dunia ketiga setelah ini.

Tingkat kebisingan diukur dengan satuan desibel (dB). Batas normal yang tidak mennyebabkan dampak negatif adalah 70 dB, untuk istilahnya di Google saja tapi baca juga cara mudah untuk belajar. Berikut beberapa contoh polutan beserta tingkat kebisingannya :

  1. Suara orang berbicara keras/ribut = 80 dB
  2. Suara kereta api = 95 dB
  3. Suara mesin motor kekuatan 5pk = 104 dB
  4. Suara petir = 120 dB
  5. Suara pesawat jet yang tinggal landas = 150 dB
Penyebab Polusi Udara, 10.0 out of 10 based on 1 rating

Comments

  1. bobz says

    wah tambah bahaya nih kalau polusi ga segera di minimalisir

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 2.0/5 (2 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: -1 (from 1 vote)
  2. yoedz says

    Mr. Writer,

    Tolong bisa dibedakan antara polusi udara dan polusi suara, karena keduanya memang berbeda. Trims

    [Reply]

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>